Logo Sulselsatu

Rakor Pemda dan Regulator Ekonomi Keuangan se-Sulsel Hasilkan Rekomendasi Percepatan Hilirisasi Sektor Perikanan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 18 Oktober 2024 17:13

Rakor Pemda dan regulator ekonomi keuangan se-Sulsel. Foto: Istimewa.
Rakor Pemda dan regulator ekonomi keuangan se-Sulsel. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSARBank Indonesia Sulawesi Selatan (BI Sulsel) bersama regulator bidang ekonomi keuangan dan Pemda se-Sulsel rapat koordinasi membahas kebijakan ekonomi dan keuangan di Sulsel.

Lembaga jasa keuangan yang terlibat seperti OJK, LPS, dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan/DJPb Kemenkeu.

Forum ini merupakan rakor perdana antara regulator ekonomi keuangan dan Pemda se-Sulsel untuk menjadi wadah komunikasi dan koordinasi instansi kebijakan ekonomi dan keuangan di Sulsel.

Baca Juga : LAZ Hadji Kalla Tingkatkan Ekonomi dan Pemberdayaan Sosial Desa Pelosok Kabupaten Donggala

Tujuannya agar dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan strategis yang berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi Sulsel.

Sesuai temanya, “Rakor Pemda dan Regulator ekonomi Keuangan se-Sulsel”, forum ini membahas perkembangan ekonomi dan keuangan terkini, serta upaya untuk menggali sumber-sumber pertumbuhan ekonomi.

Rakor yang berlangsung pada Rabu (16/10/2024) di Ruang Baruga Phinisi Kantor Perwakilan BI Sulsel menghasilkan pemetaan permasalahan dan kendala yang menghambat sektor perikanan, serta menghasilkan rekomendasi yang implementatif dan do-able untuk pengembangan sektor tersebut.

Baca Juga : Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Siapkan Rp12,38 Miliar Uang Layak Edar untuk Lima Pulau 3T

Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel Ricky Satria menyampaikan, beberapa rekomendasi antara lain perlu mendorong percepatan hilirisasi sektor perikanan dengan melibatkan berbagai pihak secara proses end-to-end.

Kemudian, pembentukan BUMD pangan dalam pengelolaan cold storage, melakukan diversifikasi pasar dan sertifikasi produk ekspor perikanan.

“Pemanfaatan digitalisasi bank untuk transaksi (QRIS) maupun pengelolaan keuangan dengan memanfaatkan mobile banking perlu didorong sehingga melancarkan transaksi bagi pelaku UMKM,” Ricky Setia.

Baca Juga : Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Bank Indonesia Sulsel Sasar Lima Pulau 3T Kepulauan Selayar

Kecukupan energi dan kelancaran bahan bakar diperlukan untuk mendukung berkembangnya perikanan dan hilirisasi.

Kepala OJK Provinsi Sulselbar Darwisman mengusulkan peningkatan produktivitas sektor perikanan dan peternakan melalui metode klasterisasi dan bersinergi dengan program TPAKD.

“Menghapus praktek-praktek rentenir melalui program PHINISI, serta pengembangan hilirisasi industri berbasis SDA,” kata Darwisman.

Baca Juga : Total Aset Perbankan di Sulsel Capai Rp198,95 Triliun, Tumbuh 7,78 Persen dari Tahun Sebelumnya

Kepala Kantor Perwakilan LPS III Sulsel Fuad Zein memaparkan, perlu optimalisasi sumber dana simpanan di perbankan terutama di daerah sebagai salah satu sumber pembiayaan ekonomi.

“Untuk itu upaya mendorong kesadaran masyarakat untuk menabung di bank akan terus dilanjutkan melalui penguatan literasi keuangan di Kabupaten/Kota se-Sulsel,” ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Sulsel Muhammad Ilyas menyampaikan, akselerasi pertumbuhan sektor perikanan dapat melakukan pengembangan produk turunan rumput laut serta produk perikanan potensial lainnya seperti teripang pasir yang saat ini diminati oleh pasar luar negeri.

Baca Juga : OJK Catat Kinerja Perbankan Sulampua Meningkat di Tengah Perlambatan Ekonomi Dunia

“Terkait dengan potensi dari produk ikan laut tangkapan, perlu mengelola aktivitas penangkapan ikan dengan baik dan tidak berlebihan, dalam rangka menjaga sustainability pasokan di masa depan,” katanya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan18 Oktober 2024 20:16
Kapolda Sulsel Berkunjung ke Unhas, Dialog Sinergis Tingkatkan Keamanan dan Kebangsaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Jamaluddin Jompa, menyambut kunjungan silaturahmi dari Kapolda Sulsel yan...
Hukum18 Oktober 2024 20:04
Tim Hukum Andalan Hati Sebut Laporan DIA ke Bawaslu Sulsel Keliru
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tim hukum pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati), Mu...
Hukum18 Oktober 2024 19:41
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Terima Kunjungan Abdul Hayat Bahas Pembentukan Ranperda di Parepare
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman, menerima ...
Bisnis18 Oktober 2024 19:12
Telkom Raih The Most Outstanding BUMN Learning dalam Ajang BUMN Learning Festival 2024
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sukses memborong lima penghargaan untuk kategori perusahaan dan individu dalam acara puncak BUMN Learning F...