Logo Sulselsatu

Solusi IoT Indosat Business Dukung Konservasi Mangrove di Lima Wilayah Indonesia

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 18 Oktober 2024 18:54

Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Buldansyah. Foto: Istimewa.
Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Buldansyah. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, JAKARTAIndosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui Indosat Business memperkenalkan solusi Internet of Things (IoT) untuk mendukung upaya konservasi ekosistem mangrove di Indonesia.

Solusi ini menegaskan komitmennya dalam mendukung keberlanjutan lingkungan melalui inovasi teknologi.

Mangrove merupakan ekosistem vital yang berperan penting dalam melindungi pantai, menyerap karbon, dan menyediakan habitat bagi berbagai spesies.

Baca Juga : Mengenal Dunia Digital Pertama Kali Bersama IM3

Solusi ini melibatkan penggunaan sensor IoT untuk memantau berbagai parameter lingkungan penting, termasuk kualitas air, kadar oksigen terlarut, salinitas, dan suhu.

Sebagai IoT Solution Orchestrator, Indosat telah mengembangkan solusi IoT inovatif yang memanfaatkan teknologi terkini untuk memantau dan menjaga kesehatan ekosistem mangrove.

Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Buldansyah menjelaskan, komitmen Indosat terhadap keberlanjutan tidak hanya diwujudkan dalam efisiensi operasional, tetapi juga dalam upaya pelestarian lingkungan.

Baca Juga : Indosat Business Perkenalkan Solusi IoT Mendukung Konservasi Mangrove di Indonesia

“Solusi IoT yang kami hadirkan berperan penting dalam konservasi mangrove, yang merupakan salah satu prioritas utama kami dalam penerapan prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance). Kami percaya bahwa teknologi dapat menjadi alat yang kuat untuk melindungi dan melestarikan lingkungan,” kata Buldansyah.

Selain itu, solusi IoT ini juga memungkinkan pengelolaan tambak yang lebih optimal.

Data yang melalui sensor IoT dikirim melalui jaringan komunikasi yang aman dan dianalisis oleh platform analitik Indosat.

Baca Juga : Indosat Fasilitasi Laboratorium Bagi Mahasiswa Unhas Kembangkan Kemampuan di Bidang Teknologi

Dengan hasil analisis yang akurat, pengelola tambak dapat mengambil langkah yang lebih tepat dan efisien untuk menjaga kualitas air yang dibutuhkan, meningkatkan produktivitas usaha perikanan, sekaligus tetap melindungi ekosistem mangrove.

Diharapkan dengan teknologi ini, penebangan area mangrove yang ada dapat dikurangi, karena lahan tersebut akan dikelola lebih baik sebagai tambak.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan18 Oktober 2024 20:16
Kapolda Sulsel Berkunjung ke Unhas, Dialog Sinergis Tingkatkan Keamanan dan Kebangsaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Jamaluddin Jompa, menyambut kunjungan silaturahmi dari Kapolda Sulsel yan...
Hukum18 Oktober 2024 20:04
Tim Hukum Andalan Hati Sebut Laporan DIA ke Bawaslu Sulsel Keliru
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tim hukum pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati), Mu...
Hukum18 Oktober 2024 19:41
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Terima Kunjungan Abdul Hayat Bahas Pembentukan Ranperda di Parepare
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman, menerima ...
Bisnis18 Oktober 2024 19:12
Telkom Raih The Most Outstanding BUMN Learning dalam Ajang BUMN Learning Festival 2024
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sukses memborong lima penghargaan untuk kategori perusahaan dan individu dalam acara puncak BUMN Learning F...