Logo Sulselsatu

Cara Indosat Pakai Teknologi Dukung Pelestarian Lingkungan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 19 Oktober 2024 22:20

Hutan mangrove. Foto: Istimewa.
Hutan mangrove. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, JAKARTAIndosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menggunakan solusi Internet of Things (IoT) mendukung upaya konservasi ekosistem mangrove di Indonesia.

Indosat melalui inovasi tersebut kini telah diterapkan di Desa Setabu, Kalimantan Utara.

Indosat telah menerapkan solusi geospasial untuk menghadapi masalah deforestasi mangrove akibat budidaya rumput laut.

Baca Juga : Solusi IoT Indosat Business Dukung Konservasi Mangrove di Lima Wilayah Indonesia

Bekerja sama dengan GSMA, Indosat meluncurkan proyek pemetaan partisipatif digital untuk membantu masyarakat memetakan wilayah pesisir dan laut.

Proyek ini mencakup area seluas 351,4 hektar, menghasilkan peta digital yang menyediakan informasi penting tentang kondisi ekosistem dan dapat diakses secara offline melalui perangkat seluler, mempermudah pengelolaan sumber daya alam.

Inisiatif ini tidak hanya berkontribusi pada pelestarian ekosistem pesisir, tetapi juga memberdayakan masyarakat untuk terlibat aktif dalam upaya menjaga lingkungan.

Baca Juga : Mengenal Dunia Digital Pertama Kali Bersama IM3

Hal ini membuktikan bahwa teknologi dapat menjadi alat yang efektif dalam melindungi alam sekaligus meningkatkan kesejahteraan komunitas lokal.

Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Buldansyah menjelaskan, komitmen Indosat terhadap keberlanjutan tidak hanya diwujudkan dalam efisiensi operasional, tetapi juga dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Solusi IoT yang kami hadirkan berperan penting dalam konservasi mangrove, yang merupakan salah satu prioritas utama kami dalam penerapan prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance). Kami percaya bahwa teknologi dapat menjadi alat yang kuat untuk melindungi dan melestarikan lingkungan,” kata Buldansyah.

Baca Juga : Indosat Business Perkenalkan Solusi IoT Mendukung Konservasi Mangrove di Indonesia

Upaya Berkelanjutan untuk Keberlanjutan Lingkungan
Indosat berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi yang mendukung keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dengan solusi IoT ini, Indosat tidak hanya memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian ekosistem mangrove, tetapi juga menunjukkan peranannya sebagai pemimpin dalam inovasi teknologi untuk keberlanjutan.

Lokasi lainnya yang menjadi target upaya perluasan konservasi mangrove melalui solusi IoT ini mencakup beberapa wilayah penting di Indonesia, termasuk Tarakan di Kalimantan Utara, Lamno di Aceh, Morodemak di Jawa Tengah, Teluk Ambon di Maluku, dan Donggala di Sulawesi Tengah.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video20 Oktober 2024 00:16
VIDEO: Tamu Negara Mulai Tiba di Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran
SULSELSATU.com – Sejumlah tamu negara mulai berdatangan menjelang pelantikan Presiden Prabowo-Gibran, Sabtu (19/10/2024). Dalam penanyangan Yout...
Video19 Oktober 2024 22:23
VIDEO: Gladi Bersih Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden
SULSELSATU.com – Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka hadiri gladi bersih pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029, S...
Berita Utama19 Oktober 2024 21:33
Wujudkan Pilkada Damai dan Aman, Kapolres Jeneponto Perintahkan Jajarannya Patroli
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jeneponto 27 November mendatang, Kapolres Jeneponto AKBP Widi Setiawan meme...
Adventorial19 Oktober 2024 21:20
Indri Taufiqurrakhman Dorong Wanita Pengayoman Jadi Teladan Berakhlak
SULSELSATU.com, SENGKANG – Penasehat Wanita Pengayoman, Indri Taufiqurrakhman, menekankan pentingnya menjadi wanita yang cerdas dan berakhlak dalam ...