Logo Sulselsatu

Deretan Tokoh Hadiri Paripurna HUT Sulsel ke 355, Dari JK Hingga Tamsil Linrung

ridwan ridwan
ridwan ridwan

Sabtu, 19 Oktober 2024 17:24

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sejumlah tokoh nasional asal Sulawesi Selatan dan mantan kepala daerah menghadiri Rapat Paripurna Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Selatan ke-355 di Ruang Paripurna DPRD Sulsel pada Sabtu (19/10/2024).

Tokoh-tokoh yang hadir di antaranya Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (JK), Wakil Ketua DPD RI Tamsil Linrung, serta mantan Gubernur Sulsel Prof. Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman.

Turut hadir para mantan Bupati, Wali Kota, dan mantan Ketua DPRD Sulsel. Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Sulsel sementara Andi Rachmatika Dewi dan Wakil Ketua sementara Rahman Pina, didampingi Penjabat Gubernur Sulsel, Prof. Zudan Arif Fakrulloh. Selain itu, Sekretaris Provinsi Sulsel Jufri Rahman, jajaran Forkopimda, kepala daerah se-Sulsel, anggota DPRD, dan pejabat OPD Pemprov Sulsel juga turut memeriahkan acara tersebut.

Kehadiran Jusuf Kalla memberikan kesan khusus pada acara ini, menjadikan peringatan HUT Sulsel ke-355 sebagai momentum penting untuk masa depan Sulawesi Selatan.

Ketua DPRD Sulsel sementara, Andi Rachmatika Dewi, menyatakan bahwa perjalanan 355 tahun adalah waktu yang panjang dengan berbagai catatan sejarah penting bagi masyarakat dan pemerintah di Sulsel. Ia menambahkan, peringatan HUT Sulsel kali ini istimewa karena Sulsel telah melewati tahapan penting dalam perjalanan demokrasi Indonesia, yaitu Pemilu 2024.

Menurutnya, Pemilu Presiden dan Pemilihan Legislatif pada 14 Februari 2024 serta pemilihan anggota legislatif tingkat provinsi yang menghasilkan wakil rakyat periode 2024-2029, yang dilantik pada 24 September 2024, menjadi bahan refleksi bagi pembangunan Sulsel.

Ia juga menekankan pentingnya netralitas ASN, TNI, Polri, dan penyelenggara pemilu demi terwujudnya Pilkada yang damai dan demokratis. Sulsel akan kembali melaksanakan pemilihan kepala daerah pada 27 November 2024, yang saat ini telah memasuki tahap persiapan.

“Siapapun yang nanti terpilih, harus diterima dengan lapang dada, karena itu adalah pilihan rakyat,” ujar Andi Rachmatika Dewi.

Acara ditutup dengan penyerahan hak pengelolaan aset negara kepada beberapa kabupaten/kota di Sulsel serta penyampaian sejarah singkat Sulawesi Selatan oleh Sekretaris Daerah, Jufri Rahman. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik19 Oktober 2024 19:16
Curhat ke Amri Arsyid, Pedagang Pasar Terong Minta Diberi Tempat Layak Berjualan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Calon Wali Kota Makassar nomor urut empat, Amri Arsyid diserbu warga saat berkunjung ke Pasar Terong, Kota Makassar, ...
Video19 Oktober 2024 18:24
VIDEO: Harga Kol Anjlok, Petani di Enrekang Hancurkan Hasil Panen Kol pakai Traktor
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan petani di Kabupaten Enrekang. Video ini dibagikan oleh akun Instagram @enrekanginfo, Sabtu (19/10)....
Metropolitan19 Oktober 2024 17:29
HUT Sulsel Ke-355, Pj Gubernur Prof Zudan Paparkan Pencapaian Pemerintah Provinsi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Rapat Paripurna dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-355 Sulawesi Selatan (Sulsel), digelar di Gedung ...
Metropolitan19 Oktober 2024 17:26
Pjs Wali Kota Makassar Geram Pelantikan Pj Sekda Dikaitkan dengan Pilkada
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pjs Wali Kota Makassar Andi Arwin Azis merasa geram saat pengusulan nama Penjabat Sekda Kota Makassar disangkut pautk...