Logo Sulselsatu

1045 Peserta Ikuti Hari Pertama SKD Kemenkumham Sulsel

Asrul
Asrul

Minggu, 20 Oktober 2024 10:36

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Hari pertama pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan diikuti oleh 1045 peserta.

Dari jumlah tersebut, 319 merupakan laki-laki dan 726 perempuan. Ujian berlangsung di Universitas Islam Makassar pada Sabtu (19/10/2024).

“Seharusnya hari ini diikuti oleh 1140 orang peserta, namun dari 3 sesi yang dilaksanakan, sebanyak 95 peserta tidak hadir,” ujar Basir, koordinator SKD Kanwil Sulsel.

Baca Juga : Indri Taufiqurrakhman Dorong Wanita Pengayoman Jadi Teladan Berakhlak

Menurutnya, pelaksanaan SKD sejak dimulai pagi hingga berakhirnya sesi ketiga berjalan dengan baik.

“Peserta yang hadir sangat antusias namun mereka tetap tertib mengikuti seluruh instruksi panitia hingga masuk ke dalam ruang ujian,” lanjut Basir.

Kelancaran kegiatan ini juga didukung oleh persiapan matang dari panitia di setiap tahapan. Peserta harus melewati verifikasi dokumen, penitipan barang, absensi, pemeriksaan badan dengan metal detektor, pencocokan tanda pengenal, dan pengambilan pin peserta sebelum memasuki ruang ujian.

Baca Juga : Tinjau Pelaksanaan SKD, Begini Pesan Kakanwil Taufiqurrakhman

Tes SKD menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dengan menguji tiga aspek utama: Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Pada hari pertama ini, beberapa peserta berhasil meraih nilai tertinggi dengan skor mencapai 500.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Taufiqurrakhman, memberikan apresiasi kepada panitia yang mempersiapkan sarana dan prasarana dengan baik.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Terima Kunjungan Abdul Hayat Bahas Pembentukan Ranperda di Parepare

Ia berharap agar seluruh proses ujian dapat berlangsung lancar hingga selesai.

Pelaksanaan SKD merupakan tahap kedua seleksi CPNS yang harus dilewati sebelum lanjut ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Peserta yang berhak ke tahap selanjutnya adalah mereka yang memenuhi ambang batas nilai sesuai formasi yang dilamar.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Berikan Arahan Penting Jelang SKD CPNS 2024

Pelaksanaan SKD Kanwil Kemenkumham Sulsel akan berlangsung selama 17 hari, mulai dari 19 Oktober hingga 4 November 2024, dengan total 23.848 peserta. Setiap hari akan dibagi dalam 4 sesi.

Taufiqurrakhman menekankan bahwa hasil seleksi diharapkan menghasilkan pegawai yang kompeten dan mampu mengisi formasi CPNS di Kanwil Kemenkumham Sulsel dengan baik.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik20 Oktober 2024 15:17
Resmi Pimpin Negeri, Panglima Dozer: Duet Prabowo-Gibran Bawa Harapan Indonesia Maju
SULSELSATU com, MAKASSAR – Panglima Dozer, Rully Rozano, menyampaikan selamat atas pelantikan Presiden Jenderal (purn) Prabowo Subianto dan Wapres G...
Nasional20 Oktober 2024 15:02
Prabowo-Gibran Sah Jadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029
SULSELSATU.com, JAKARTA – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) resmi melantik Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan ...
Makassar20 Oktober 2024 13:34
Bikers Honda PCX160 Ramaikan Gelaran HBD Makassar
Honda Bikers Day (HBD) 2024 seri Sulawesi pada Sabtu (19/10/2024) menarik perhatian 1.000 pengguna sepeda motor Honda PCX dari Kota Makassar dan Kabup...
Politik20 Oktober 2024 10:26
22 Tahun Tanpa Sekretariat, MULIA Janji Siap Hadirkkan Fasilitas Ramah Difabel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar nomor urut 01, Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham (Appi-Aliyah)...