Logo Sulselsatu

Prabowo-Gibran Sah Jadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029

ridwan ridwan
ridwan ridwan

Minggu, 20 Oktober 2024 15:02

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, JAKARTA – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) resmi melantik Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029.

Pengambilan sumpah digelar di Ruang Rapat Paripurna I, Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Sidang dipimpin oleh Ketua MPR Ahmad Muzani dan dimulai pukul 10.07 WIB. Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan mengheningkan cipta.

Baca Juga : VIDEO: Aksi Viral Tukang Becak di Maros Berikan Hormat ke Foto Prabowo-Gibran

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, sidang MPR secara resmi kami buka dan dinyatakan terbuka untuk umum,” katanya.

Prabowo mengucapkan sumpah terlebih dahulu, baru kemudian diikuti oleh Gibran. Sidang ini diikuti oleh Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres ke-13 RI Ma’ruf Amin.

Prabowo berdiri dari kursinya dan mengucapkan sumpah. Jokowi yang berada di samping Prabowo juga ikut berdiri dan menyaksikan prosesi ini. Anggota MPR yang hadir juga turut berdiri menyaksikan proses bersejarah ini.

Baca Juga : Prabowo-Gibran Unggul dalam Hitung Cepat Pilpres 2024, Akan Satu Putaran?

Acara akan dilanjutkan penandatanganan berita acara pelantikan oleh presiden, wakil presiden dan pimpinan MPR. Kemudian berita acara pelantikan diserahkan oleh pimpinan MPR.

Acara nantinya dilanjutkan dengan pertukaran tempat duduk presiden dari Jokowi ke Prabowo, diikuti pertukaran tempat duduk Ma’ruf Amin dengan Gibran Rakabuming.

Prabowo dan Gibran menggantikan posisi Jokowi dan Ma’ruf Amin yang telah menjabat pada periode 2019-2024. Prabowo resmi menjabat Presiden ke-8 RI dan Gibran sebagai Wapres ke-14 RI. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik20 Oktober 2024 18:34
Survei Danny-Azhar di Bawah 30%, Jubir DiA Sebut Tak Masuk Akal
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sejumlah lembaga merilis hasil survei mereka beberapa hari terakhir. Terbaru, LSI Denny JA memberikan angka 61,4% unt...
Metropolitan20 Oktober 2024 18:28
Andi Arwin Azis Ikut Road to Give 2024, Olahraga untuk Kesehatan dan Amal
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pjs Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis melepas peserta Road to Give 2024, dengan titik star di pelataran parkir Four...
Politik20 Oktober 2024 17:08
Survei Oktober Pilwalkot Makassar: Mulia Memimpin, Inimi dan Sehati Selisih Tipis
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kurang lebih dari sebulan jelang pemilihan wali Kota Makassar atau Pilwalkot, Lembaga survei Parameter Publik Indones...
Politik20 Oktober 2024 15:49
Momen HUT Golkar ke-60, Appi Optimis Rebut Kemenangan Pilwalkot Makassar
PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR — Hari Ulang Tahun Partai Golkar yang ke-60 tahun dirayakan dengan penuh khidmat, seperti halnya yang dilakukan oleh Pengur...