Logo Sulselsatu

Amir Uskara: Kewirausahaan dan UMKM Kunci Atasi Pengangguran di Gowa

Asrul
Asrul

Minggu, 20 Oktober 2024 14:17

Calon Bupati Gowa Amir Uskara. Ist
Calon Bupati Gowa Amir Uskara. Ist

SULSELSATU.com, GOWA – Pengangguran menjadi isu krusial yang memerlukan perhatian serius di Kabupaten Gowa. Merespons tantangan ini, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa nomor urut 1, Amir Uskara-Irmawati Haeruddin (Aurama), mengusung sejumlah strategi untuk menekan angka pengangguran yang telah meningkat dari 3,26% pada 2022 menjadi 3,37% di 2023.

Dalam debat calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa yang berlangsung di Hotel Claro, Amir Uskara mengungkapkan harus ada solusi nyata terhadap pengangguran di daerah ini.

“Tingkat pengangguran kita justru mengalami peningkatan, ini tentu masalah yang harus segera diatasi,” ujar mantan Wakil Ketua MPR RI itu.

Baca Juga : Fokus Ekonomi Lokal, Amir Uskara-Irmawati Dorong Pemberdayaan UMKM

Komitmen mereka untuk menciptakan peluang kerja, terutama bagi kelompok rentan seperti anak muda dan perempuan, menjadi fokus utama.

Salah satu solusi yang diusulkan adalah menarik investor baru ke Kabupaten Gowa. Amir menekankan pentingnya optimasi sektor pertanian sebagai sumber lapangan kerja baru, yang diharapkan dapat memberi kontribusi signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja.

Pasangan Aurama’ juga berencana mengembangkan kewirausahaan di kalangan pemuda melalui program bimbingan teknis dan pelatihan yang tepat sasaran.

Baca Juga : Ingin Perubahan, Masyarakat Tamarunang Tumpah Ruah Sambut Amir Uskara

“Pelatihan ini tidak harus melalui Balai Latihan Kerja (BLK), tetapi dengan menghadirkan orang-orang berpengalaman untuk langsung membekali masyarakat dengan keterampilan praktis,” jelas Amir, menunjukkan pendekatan inovatif mereka terhadap pelatihan kerja.

Untuk meningkatkan kesejahteraan ibu rumah tangga, pasangan ini menargetkan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai sumber penghasilan tetap. Amir menegaskan bahwa sektor UMKM akan menjadi bagian integral dari visi dan misi mereka, terutama dalam memberdayakan perempuan di Gowa.

“Memang sudah banyak inisiatif serupa, tetapi kami melihat belum ada fasilitasi yang optimal dari pemerintah. Jika kelompok rentan, seperti pemuda dan ibu rumah tangga, difasilitasi dengan baik, mereka bisa berdaya saing dan produktif, bahkan dari rumah,” tambah calon Bupati nomor urut 1 itu.

Baca Juga : Calon Bupati Amir Uskara Unjuk Karya di Debat Pilkada Gowa

Aurama’ optimis bahwa strategi ini dapat menciptakan lapangan kerja baru dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Gowa.

Dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat dan pengembangan sektor ekonomi lokal, mereka berharap dapat mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kualitas hidup warga Gowa secara keseluruhan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama21 Oktober 2024 00:03
Presiden Prabowo Tunjuk Politisi Dari PAN dan Gerindra Jabat Menteri dan Wakil Menteri PDT
SULSELSATU.com,JAKARTA – Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto baru saja mengumumkan nama-nama menteri dan wakil menteri dalam kabinet p...
Nasional20 Oktober 2024 23:20
Presiden Prabowo Umumkan Kabinet Merah Putih, Ini Daftar Menterinya
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Presiden Prabowo Subianto mengumumkan susunan kabinet pemerintahannya. Kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming...
Politik20 Oktober 2024 20:56
Jadi Basis Golkar di Beberapa Kontestasi, Warga Walu-Walu Siap Menangkan Pasangan MAJU
SULSELSATU.com, LUWU UTARA – Ratusan warga Dusun Walu-Walu Desa Bakka Kecamatan Sabbang, Luwu Utara menyatakan komitmennya untuk memenangkan pas...
Berita Utama20 Oktober 2024 20:50
Syamsuddin Karlos – Syafruddin Nurdin Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Prabowo Sebagai Presiden RI
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Jeneponto dengan nomor urut 4, Syamsuddin Karlos dan Syafruddin Nurdin menyam...