Logo Sulselsatu

Elektabilitas Andalan Hati Makin Jauh Tinggalkan DIA

Asrul
Asrul

Minggu, 20 Oktober 2024 20:13

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, JAKARTA – Lingkaran Survei Indonesia (LSI), merilis temuan riset terbarunya untuk Pilgub Sulsel 2024. Hasilnya, elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati), semakin sulit terkejar.

Pasangan nomor urut 2 ini jauh lebih dominan dibandingkan rivalnya, Moh Ramdham Pomanto-Azhar Arsyad (DIA). Elektabilitas Andalan Hati sudah mencapai angka 61,4 persen. Sementara Danny Pomanto-Azhar Arsyad hanya memperoleh 12,9 persen. Sisanya, 25,7 persen belum menentukan pilihan, tidak menjawab dan merahasiakan.

Direktur CPI-LSI, Hanggoro Doso Pamungkas, menguraikan, survei terbaru yang dilakukan lembaganya itu, pengambilan datanya 3-8 Oktober 2024 di 24 kabupaten/kota di Sulsel dengan melibatkan 800 responden secara tatap muka. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error sekitar ±3,54 persen.

Baca Juga : Ketua Demokrat Luwu Dhevy Bijak Sebut Warga Walmas Dominan Dukung DIA

“Tingkat keunggulan elektabilitas di atas jika di breakdown di berbagai segmentasi pemilih, maka mayoritas pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi mengungguli berbagai segmen,” urai Hanggoro dalam keterangan persnya, Minggu (20/10/2024).

Khusus untuk elektabilitas kandidat gubernur, Andi Sudirman juga unggul jauh. Elektabilitasnya 58,8 persen, dan Danny Pomanto hanya memperoleh 13,1 persen. Sementara untuk calon wakil gubernur, Fatmawati juga unggul dengan 39,8 persen dibandingkan Azhar Arsyad yang meraih 10,1 persen.

Begitu pula di tingkat popularitas menunjukkan bahwa Andi Sudirman mencapai 68,8 persen, sementara Danny Pomanto 34,7 persen. Untuk Fatmawati, popularitasnya mencapai 49,6 persen, sedangkan Azhar Arsyad hanya 14,5 persen.

Baca Juga : Resmi Pimpin Negeri, Panglima Dozer: Duet Prabowo-Gibran Bawa Harapan Indonesia Maju

Dalam hal kesukaan, Andi Sudirman mendapatkan 77,5 persen, Danny Pomanto 67,9 persen, Fatmawati 77,0 persen, dan Azhar Arsyad 62,1 persen.

Di tingkat kepantasan, Andi Sudirman juga unggul dengan 77,9 persen, diikuti Danny Pomanto dengan 63,4 persen, Fatmawati 73,0 persen, dan Azhar Arsyad 47,8 persen.

“Survei ini juga menggambarkan tingkat kepuasan terhadap kinerja incumbent (petahana), yang mencapai 74,3 persen, serta tingkat keinginan untuk memilih kembali incumbent sebesar 64,0 persen. Hal ini sejalan dengan hasil survei yang menunjukkan persepsi responden terkait keberhasilan Pemprov Sulsel mencapai 73,3 persen,” papar Hanggoro.

Baca Juga : Azhar Arsyad Lanjutkan Safari Politik ke Palopo, Disambut Antusias Emak-Emak

Hanggoro menambahkan, CPI dan LSI Denny JA bertujuan untuk memetakan kecenderungan sikap dan perilaku pemilih di Sulsel, serta menganalisis faktor-faktor penting yang memengaruhi pilihan-pilihan tersebut.

Selain itu, survei ini juga berusaha memetakan popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas pasangan calon yang berkompetisi dalam Pilgub Sulsel 2024.

Berdasar dengan temuan surveinya, Hanggoro mengebut jika kemenangan Andalan Hati makin dekat. Mengingat selisihnya sangat jauh meninggalkan DIA. Karena itu di sisa waktu yang ada, sangat sulit lagi bagi pasangan DIA mengejar ketertinggalannya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama21 Oktober 2024 00:03
Presiden Prabowo Tunjuk Politisi Dari PAN dan Gerindra Jabat Menteri dan Wakil Menteri PDT
SULSELSATU.com,JAKARTA – Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto baru saja mengumumkan nama-nama menteri dan wakil menteri dalam kabinet p...
Nasional20 Oktober 2024 23:20
Presiden Prabowo Umumkan Kabinet Merah Putih, Ini Daftar Menterinya
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Presiden Prabowo Subianto mengumumkan susunan kabinet pemerintahannya. Kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming...
Politik20 Oktober 2024 20:56
Jadi Basis Golkar di Beberapa Kontestasi, Warga Walu-Walu Siap Menangkan Pasangan MAJU
SULSELSATU.com, LUWU UTARA – Ratusan warga Dusun Walu-Walu Desa Bakka Kecamatan Sabbang, Luwu Utara menyatakan komitmennya untuk memenangkan pas...
Berita Utama20 Oktober 2024 20:50
Syamsuddin Karlos – Syafruddin Nurdin Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Prabowo Sebagai Presiden RI
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Jeneponto dengan nomor urut 4, Syamsuddin Karlos dan Syafruddin Nurdin menyam...