Logo Sulselsatu

Kemenkumham Sulsel Ikuti Penyambutan Tiga Menteri Baru Secara Virtual

Asrul
Asrul

Senin, 21 Oktober 2024 22:28

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Taufiqurrakhman, bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan, Agung Aribawa dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Hernadi saksikan Penyambutan Menteri Koordinator Hukum dan HAM, Menteri Hukum, Menteri Hak Asasi Manusia, serta Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan.

Kegiatan ini digelar virtual terpusat di Graha Pengayoman Kemenkumham Jakarta dan diikuti secara virtual oleh para Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Sulsel di Ruang Rapat Pimpinan, Senin (21/10).

Acara ini diawali dengan sambutan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Nico Afinta yang memberikan ucapan selamat datang kepada para Menteri yang baru dilantik sebagai bagian dari Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel: Disiplin dan Konsistensi Kunci Kinerja Optimal

Kementerian Hukum yang kini dipimpin oleh Supratman Andi Agtas bersama Wakilnya Edward Omar Sharif Hiarij, akan fokus pada pengelolaan urusan hukum, peraturan perundang-undangan, administrasi hukum umum, kekayaan intelektual serta pengembangan sumber daya manusia di sektor hukum.

Ini termasuk penguatan sistem hukum nasional dan peningkatan tata kelola peraturan di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara itu, Kementerian Hak Asasi Manusia yang dipimpin oleh Natalius Pigai bersama Wakilnya, Mugiyanto Sipin, akan berfokus pada pemajuan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak asasi manusia.

Baca Juga : 1045 Peserta Ikuti Hari Pertama SKD Kemenkumham Sulsel

Kementerian ini diharapkan dapat bekerja lebih fokus dalam menangani berbagai tantangan yang terkait dengan penegakan HAM, terutama di wilayah-wilayah yang masih menghadapi kendala dalam penerapan kebijakan-kebijakan HAM.

Di sisi lain, Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan di bawah pimpinan Agus Andrianto bersama Wakilnya, Silmy Karim, akan bertanggung jawab dalam pengelolaan sistem imigrasi serta pemasyarakatan.

Reformasi dalam dua bidang ini dianggap sangat penting, mengingat meningkatnya kompleksitas masalah imigrasi dan pentingnya perbaikan dalam sistem pemasyarakatan untuk mendukung rehabilitasi serta reintegrasi sosial bagi warga binaan.

Baca Juga : Indri Taufiqurrakhman Dorong Wanita Pengayoman Jadi Teladan Berakhlak

Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan seluruh instansi terkait, termasuk Kantor Wilayah Kemenkumham di berbagai daerah, dapat berkolaborasi secara optimal untuk mewujudkan kebijakan-kebijakan nasional di bidang hukum dan HAM.

Atas kegiatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Taufiqurrakhman, menyampaikan ucapan selamat kepada para Menteri yang baru dilantik.

“Selamat datang tiga menteri yang diharapkan dapat menjadi ujung tombak baru dalam memajukan Indonesia, khususnya dalam bidang hukum, imigrasi, dan pemasyarakatan,” kata Kakanwil usai mengikuti kegiatan tersebut.

Baca Juga : Tinjau Pelaksanaan SKD, Begini Pesan Kakanwil Taufiqurrakhman

Kegiatan virtual ini turut diikuti oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Sulsel, Maryana selaku Pelaksana Harian Kepala Divisi Keimigrasian. Kegiatan virtual ini juga diikuti oleh seluruh jajaran pegawai Kanwil Sulsel dan seluruh pegawai Kemenkumham se-Sulsel.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video21 Oktober 2024 23:46
VIDEO: Detik-detik Jatuhnya Pesawat SAM Air di Gorontalo
SULSELSATU.com – Pesawat SAM Air jatuh di sekitar Bandara Panua, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, Senin (21/10/2024) kemarin. Pesawat itu jatuh se...
Video21 Oktober 2024 22:12
VIDEO: Enam Motor Ludes Terbakar di Area Parkir Sekolah di Makassar
SULSELSATU.com – Enam unit motor ludes terbakar di area parkir Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Kota Makassar, Senin (21/10). Motor tersebut mi...
Politik21 Oktober 2024 22:10
Perindo Tebar Manfaat, Sumbang Ambulans dan Fogging untuk Tim Pemenangan Appi-Aliyah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai Perindo Kota Makassar komitmen mengantarkan pasangan calon (Paslon) Munafri Arifuddin – Aliyah Mustika I...
Politik21 Oktober 2024 21:27
Azhar Arsyad Dukung Gus Imin Perkuat Kabinet Prabowo
SULSELSATU.com, LUWU UTARA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, resmi ditunjuk Presiden Prabowo Subian...