Logo Sulselsatu

BRI Perkuat UMKM Indonesia Lewat SMEstaTalk, Siap Tembus Pasar Global

Asrul
Asrul

Senin, 21 Oktober 2024 08:36

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui acara webinar SMEs Loyalty Talks atau SMEstaTalks yang berlangsung pada akhir September 2024.

Acara ini menjadi bagian dari upaya BRI untuk memperluas akses pasar dan meningkatkan daya saing UMKM Indonesia di kancah internasional.

SMEstaTalk merupakan platform pelatihan online yang memberikan pembekalan komprehensif kepada para nasabah BRI, khususnya dalam mempersiapkan usaha mereka untuk pasar ekspor.

Baca Juga : Diberdayakan BRI, UMKM Ikan Asap Bulukumba Berhasil Tembus Pasar Internasional

Program ini tidak hanya berfokus pada peningkatan literasi keuangan, tetapi juga mengundang pakar di bidangnya untuk membahas topik penting seputar bisnis dan inovasi.

Dalam enam bulan terakhir, SMEstaTalk telah sukses digelar sebanyak tiga kali, dengan jumlah peserta hampir mencapai seribu orang.

Pelatihan ini merupakan hasil kolaborasi antara BRI dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) serta Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang didukung oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Baca Juga : BRI dan BPJS Kesehatan Sinergi untuk Tingkatkan Infrastruktur Kesehatan Nasional

Amam Sukriyanto, Direktur Commercial, Small & Medium Business BRI, menegaskan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam pengembangan UMKM.

“Pendanaan memang penting, tetapi tidak cukup untuk menjawab seluruh tantangan yang dihadapi UMKM. Yang diperlukan adalah edukasi menyeluruh, mulai dari produksi, inovasi, hingga strategi ekspor,” jelasnya.

Amam menekankan bahwa BRI, melalui inisiatif seperti SMEstaTalk, berkomitmen menjadi mitra terpercaya bagi UMKM, membantu mereka tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang dan siap menghadapi persaingan global. Menurutnya, kolaborasi dengan berbagai pihak akan memperkuat UMKM dalam jangka panjang.

Baca Juga : Kolaborasi BRI-Pos Indonesia, Kirim Barang Kini Lewat BRImo

Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Muhammad Asnawi Sabli, turut menekankan pentingnya meningkatkan daya saing produk lokal. Menurutnya, keunikan produk Indonesia menjadi daya tarik utama dalam menghadapi pasar global.

Andanu Prasetyo, CEO Maka Group sekaligus pendiri Toko Kopi Tuku, memberikan pandangannya terkait inovasi bisnis.

“Pelanggan mencari keaslian, tapi juga menginginkan inovasi. Mempertahankan identitas lokal sambil berani bereksperimen adalah kunci sukses,” ujarnya.

Baca Juga : Direktur Utama BRI Sunarso Dinobatkan sebagai CEO of The Year di Detikcom Awards 2024

Nenden Rospiani, CEO Restu Mande, berbagi cerita bagaimana bisnis masakan Padang instan yang dirintisnya mampu menembus pasar internasional berkat dukungan Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI.

Ia menyebut, kolaborasi dengan komunitas lokal dan partisipasi dalam pameran internasional menjadi kunci dalam ekspansi global bisnisnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik21 Oktober 2024 11:52
Sapa Warga Bersama Narji, Amri Arsyid Ngaji di CFD Boulevard
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Minggu pagi yang cerah di Jalan Boulevard, Makassar, menjadi lebih istimewa saat calon Wali Kota Makassar, Amri Arsyi...
Sulsel21 Oktober 2024 11:36
Mandek Pasca Prof NA, Warga Harapkan Danny-Azhar Lanjutkan Perbaikan Jalan ke Seko
SULSELSATU.com, LUTRA – Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Luwu Utara (Lutra) yang juga Anggota DPRD Riswan Bibbi mengumpulkan masyarakat...
Pendidikan21 Oktober 2024 10:33
UNM Tampil Memukau Kenalkan Budaya Lokal ‘Dendang Pasompe’ Dipentas Internasional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) tampil memukau di panggung International Djogja Earth Sounds Fest 2024 (IDEF), Sabt...
Politik21 Oktober 2024 10:13
Ribuan Warga Takkalasi Padati Kampanye Terbuka Pertama Paslon Ulfah-MHG di Pilkada Barru
SULSELSATU.com, BARRU – Gelaran kampanye terbuka pasangan calon bupati dan wakil bupati Barru nomor 2 dihelat di Takkalasi, Kecamatan Balusu, Ka...