Logo Sulselsatu

OJK Edukasi Peran Inovasi Teknologi Sektor Keuangan Membuka Peluang Bagi Mahasiswa

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 21 Oktober 2024 20:23

Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto (IAKD) OJK Hasan Fawzi. Foto: Istimewa.
Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto (IAKD) OJK Hasan Fawzi. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAROtoritas Jasa Keuangan (OJK) memperkuat literasi keuangan digital kepada kalangan mahasiswa di Makassar.

OJK melalui kegiatan Digination: Digital Financial Literacy di Universitas Islam Makassar (UIM) memberikan edukasi tentang peran inovasi teknologi sektor keuangan terhadap Gen Z pada Jumat (18/10/2024).

Edukasi dibungkus melalui kuliah umum bertajuk ‘Peran Inovasi Teknologi Sektor Keuangan (ITSK) dalam Membuka Peluang dan Tantangannya bagi Gen Z’.

Baca Juga : OJK Perkuat Literasi Keuangan Digital Mahasiswa di Makassar

Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto (IAKD) OJK Hasan Fawzi menyampaikan, sebagai pengguna teknologi yang aktif dengan tingkat adaptasi yang tinggi, mahasiswa memiliki peran penting dalam mendorong inovasi di sektor keuangan.

“Mahasiswa memiliki ide yang out-of-the-box dalam merancang produk dan layanan keuangan berbasis digital untuk memberikan solusi atas permasalahan di sektor keuangan. Selain itu, mahasiswa dapat menjadi influencer dalam mendorong orang lain untuk menggunakan produk dan layanan keuangan,” ujar Hasan Fawzi.

Fawzi menekankan, pemahaman yang baik tentang inovasi dan keuangan digital menjadi kunci dalam memastikan masyarakat dapat menggunakan produk dan layanan keuangan digital dengan bijak.

Baca Juga : Tingkatkan Perlindungan Konsumen, OJK Sulselbar Sudah Edukasi 133.005 Masyarakat Tahun Ini

“Semakin tinggi tingkat literasi keuangan digital maka semakin besar kemampuan masyarakat dalam mengenali risiko yang mungkin timbul saat menggunakan layanan keuangan digital, sehingga masyarakat dapat mengambil keputusan dan langkah yang tepat dalam mempergunakan layanan keuangan digital,” kata Hasan.

Meningkatkan inovasi dan literasi keuangan digital, OJK mengeluarkan beberapa inisiatif untuk meningkatkan keterampilan digital bagi seluruh lini masyarakat.

OJK telah menyusun dan mensosialisasikan modul terkait inisiatif literasi keuangan digital bagi masyarakat, mengembangkan Fintech Innovation Center OJK dalam upaya meningkatkan jumlah inovasi di sektor keuangan, dan memfasilitasi konsultasi terkait pengembangan industri ITSK.

Baca Juga : OJK Edukasi Keuangan 500 UMKM Perempuan di Wash Campaign PNM Makassar

Rektor Universitas Islam Makassar Muammar Bakry menyambut baik inisiasi dan peluang yang diberikan OJK kepada mahasiswa untuk meningkatkan inklusi keuangan pada platform keuangan digital dengan bijak.

“Saya berharap dari kegiatan ini menjadi inspirasi bagi adik-adik untuk menjadi enterpreneur digital. Melalui kegiatan ini, kami juga berharap menjadi pancingan bagi mahasiswa untuk mendapat cuan dari investasi di dunia keuangan digital,” sambut Muammar.

Digination 2024 ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang digelar di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga : OJK Sebut Investor Pasar Modal di Sulsel Tumbuh 33,57 Persen per Juli 2024

Tujuannya untuk memperkenalkan inovasi keuangan digital kepada masyarakat luas khususnya generasi muda untuk terlibat aktif dalam mengembangkan solusi keuangan berbasis teknologi.

Berdasarkan data INDEF 2023, indeks literasi digital Indonesia baru mencapai 62 persen, paling rendah jika dibandingkan negara ASEAN yang rata-rata mencapai 70 persen.

Sedangkan survei SNLIK OJK pada 2024 menyebutkan indeks literasi dan inklusi keuangan Indonesia baru mencapai 65 persen dan 75 persen.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video21 Oktober 2024 23:46
VIDEO: Detik-detik Jatuhnya Pesawat SAM Air di Gorontalo
SULSELSATU.com – Pesawat SAM Air jatuh di sekitar Bandara Panua, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, Senin (21/10/2024) kemarin. Pesawat itu jatuh se...
Adventorial21 Oktober 2024 22:28
Kemenkumham Sulsel Ikuti Penyambutan Tiga Menteri Baru Secara Virtual
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Taufiqurrakhman, bers...
Video21 Oktober 2024 22:12
VIDEO: Enam Motor Ludes Terbakar di Area Parkir Sekolah di Makassar
SULSELSATU.com – Enam unit motor ludes terbakar di area parkir Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Kota Makassar, Senin (21/10). Motor tersebut mi...
Politik21 Oktober 2024 22:10
Perindo Tebar Manfaat, Sumbang Ambulans dan Fogging untuk Tim Pemenangan Appi-Aliyah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai Perindo Kota Makassar komitmen mengantarkan pasangan calon (Paslon) Munafri Arifuddin – Aliyah Mustika I...