Logo Sulselsatu

Survei PPI: Pemilih Gerindra, PKB dan PKS Condong Pilih Appi-Aliyah di Pilwalkot Makassar

Asrul
Asrul

Senin, 21 Oktober 2024 09:08

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lembaga Parameter Publik Indonesia (PPI) menemukan temuan menarik dalam hasil surveinya di Pilwalkot Makassar 2024. Selain elektabilitas pasangan calon (Paslon), mereka juga meriset pemilih partai politik (parpol).

PPI meriset peta pemilih sembilan parpol pengusung di Pilwalkot Makassar 2024. Rinciannya PKB memiliki basis 3,1%, Gerindra 17,1%, PDIP 5,8%, Golkar 10,7%, Nasdem 12,7%. Selanjutnya PAN 2,7%, Demokrat 2,1%, PKS 4,1% dan PPP 2,5%.

Hasilnya, tujuh dari sembilan pemilih parpol tersebut justru memilih pasangan Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham (MULIA). Diantaranya PKB, Gerindra, Golkar, Nasdem, PAN, Demokrat dan PKS.

Baca Juga : Amri Arsyid: Survei Bisa Diklaim, Kemenangan AMAN Nyata

Rinciannya, pemilih PKB memilih MULIA dengan persentase 46,8%, sementara yang memilih Indira Jusuf Ismail-Ilham Ari Fauzi (INIMI) hanya 17,7%.

Padahal PKB merupakan partai pengusung INIMI. Justru Paslon Andi Seto Asapa-Rezki Mulfiati Lutfi (SEHATI) berada pada posisi kedua dipilih oleh pemilih PKB yakni 22,6%.

Partai Gerindra yang mengusung SEHATI, justru pemilihnya condong memilih MULIA dengan persentase 34,2%. Begitu juga dengan Nasdem yang mengusung Paslon nomor urut 2 itu, pemilihnya mayoritas memilih MULIA dengan persentase 34,0%.

Baca Juga : Survei Oktober Pilwalkot Makassar: Mulia Memimpin, Inimi dan Sehati Selisih Tipis

PAN yang juga mengusung SEHATI, pemilihnya mantap mendukung MULIA sebesar 40,7%. Sedangkan PKS yang mengusung Amri Arsyid-Rahman Bando atau AMAN, pemilihnya juga memilih MULIA sebesar 42,7%.

Golkar dan Demokrat yang memang mengusung MULIA, pemilihnya konsisten tetap memilih Appi-Aliyah di Pilwalkot Makassar 2024. Pemilih Golkar memilih MULIA sebesar 56,1% sedangkan pemilih Demokrat 35,7%.

Sementara PDIP dan PPP yang mengusung INIMI, mayoritas pemilihnya tetap memilih Paslon nomor urut 3 ini. Pemilih PDIP memilih INIMI sebesar 43,1% dan PPP sebanyak 48,0%.

Baca Juga : Momen HUT Golkar ke-60, Appi Optimis Rebut Kemenangan Pilwalkot Makassar

“Nah kita lihat memang agak menarik di sini. Dari 4 poros yang ada ya, terlihat bahwa Partai PDIP dan PPP itu cukup strong ya dipasangan Ibu Indira dan Ilham. Sedangkan partai lain cenderung kita lihat bahwa migrasi dukungan mereka itu ke pasangan MULIA,” kata Direktur Eksekutif PPI, Ras MD saat memaparkan hasil surveinya.

Ras MD mengatakan, sejatinya pemilih Gerindra dan Nasdem memilih SEHATI. Tapi dari temuannya di lapangan, mereka justru mayoritas memilih MULIA.

“Jadi faktor bahwa Pasangan MULIA dipersepsi sebagai figur kuat yang membuat daya tarik, sehingga para pemilih-pemilih partai ini, itu kemudian berbondong-bondong melakukan migrasi hubungan terhadap pasangan MULIA,” ujarnya.

Baca Juga : 22 Tahun Tanpa Sekretariat, MULIA Janji Siap Hadirkkan Fasilitas Ramah Difabel

“Nah memang tergambar ya, kayak misalkan Nasdem yang mestinya dalam hitungan memberikan dukungan kepada pasangan Pak Seto. Tapi faktanya itu 34% memberikan dukungan kepada pasangan mulia,” sambungnya.

Menurut Ras MD, memang banyak variabel bergesernya pemilih partai pengusung di Pilwalkot Makassar. Namun tingginya survei MULIA membuat mayoritas pemilih ikut memberikan dukungan kepada Paslon nomor urut 1 ini.

“Tetapi faktor-faktor besar yang lainnya adalah faktor itu tadi, karena Pasangan MULIA secara presepsi itu diyakini kuat. Itu menjadi salah satu daya tarik juga oleh sebagian kelompok pemilih,” kuncinya.

Baca Juga : Dukung Appi-Aliyah, Fatma Wahyuddin Kerahkan Ribuan Loyalisnya ke Barisan Mulia

Survei ini dilakukan pada 3 sampai 13 Oktober 2024 menggunakan 2.000 responden yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Makassar. Menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan margin of error +/-2,2%.

Sekadar informasi, Lembaga PPI merupakan salah satu anggota Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi). Lembaga ini memiliki rekam jejak yang jelas, dan sudah berpengalaman melakukan survei yang akurat.

Pada Pilwalkot Parepare 2018, survei PPI menempatkan Taufan Pawe – Pangerang Rahim meraih 52,22%, sementara hasil KPU 51,22% atau hanya selisih 1% saja.

Pada Pilwalkot Makassar 2020, survei PPI mengunggulkan Danny Pomanto – Fatmawati Rusdi di angka 41,10%, sementara hasil KPU 41,30%, atau hanya selisih -0,2%.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan21 Oktober 2024 10:33
UNM Tampil Memukau Kenalkan Budaya Lokal ‘Dendang Pasompe’ Dipentas Internasional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) tampil memukau di panggung International Djogja Earth Sounds Fest 2024 (IDEF), Sabt...
Politik21 Oktober 2024 10:13
Ribuan Warga Takkalasi Padati Kampanye Terbuka Pertama Paslon Ulfah-MHG di Pilkada Barru
SULSELSATU.com, BARRU – Gelaran kampanye terbuka pasangan calon bupati dan wakil bupati Barru nomor 2 dihelat di Takkalasi, Kecamatan Balusu, Ka...
Tokoh21 Oktober 2024 09:45
Putra Bone, Prof Nasaruddin Umar dari UIN Alauddin Kini Pimpin Kementerian Agama
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Presiden RI Prabowo Subianto secara resmi menunjuk Prof Nasaruddin Umar sebagai Menteri Agama dalam Kabinet Merah Put...
Hukum21 Oktober 2024 09:15
Kakanwil Kemenkumham Sulsel: Disiplin dan Konsistensi Kunci Kinerja Optimal
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), Taufiqurrakhman menekan...