Logo Sulselsatu

OJK Bersama Bank Sulselbar Edukasi Literasi Keuangan kepada Pelajar dan UMKM

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 22 Oktober 2024 20:41

Foto bersama usia edukasi literasi dan inklusi keuangan OJK bersama Bank Sulselbar. Foto: Istimewa.
Foto bersama usia edukasi literasi dan inklusi keuangan OJK bersama Bank Sulselbar. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Edukasi literasi dan inklusi keuangan terus digencarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulselbar hingga ke berbagai daerah di Sulsel.

OJK Sulselbar menggandeng PT Bank Sulselbar mengedukasi pelajar dan pelaku UMKM tentang literasi dan inklusi keuangan.

Edukasi OJK bersama Bank Sulselbar tersebut menyasar pelajar dan pelaku UMKM di Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Enrekang pada Selasa (22/10/2024).

Baca Juga : Kolaborasi OJK Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan pada Dua Kabupaten di Sulsel

“Saya berharap, ini tidak hanya menjadi nasabah bank, tetapi juga menjadi generasi yang cerdas dalam mengelola keuangan. Selain itu juga dalam rangka mewujudkan masyarakat yang cerdas keuangan sehingga dapat mengambil keputusan finansial yang tepat dan terhindar dari berbagai kasus kejahatan finansial seperti judi online dll,” tutur Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide.

Sementara itu, Kepala OJK Sulselbar Darwisman menjelaskan, penting untuk membiasakan menabung sejak dini yang memberikan pembelajaran finansial bagi pelajar.

“Menabung sejak dini mengajarkan anak-anak tentang nilai uang, bagaimana mengelola uang, dan pentingnya memiliki dana cadangan untuk masa depan. manfaat dari menabung,” ucap Darwisman.

Baca Juga : OJK Edukasi Peran Inovasi Teknologi Sektor Keuangan Membuka Peluang Bagi Mahasiswa

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud implementasi program Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (Gencarkan) dan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024.

OJK menyampaikan bahwa literasi keuangan menjadi life essential skill yang harus dimiliki setiap orang sehingga dapat mendorong inklusi keuangan yang lebih luas.

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi di sektor keuangan, literasi keuangan menjadi hal yang sangat penting untuk dipahami oleh masyarakat termasuk para generasi muda.

Baca Juga : OJK Perkuat Literasi Keuangan Digital Mahasiswa di Makassar

OJK Sulselbar telah melakukan berbagai kegiatan literasi dan edukasi keuangan kepada masyarakat dengan berbagai segmen sasaran di sepanjang tahun 2024 dengan total 1.304 kegiatan edukasi keuangan yang menjangkau 126.174 orang,” tutur Darwisman.

Direktur Kepatuhan Bank Sulselbar Dian Angriani Utina juga menyampaikan dengan edukasi keuangan diharapakan pelajar dapat waspada dan bijak untuk mengelola keuangannya dan tidak lupa untuk menabung.

“Begitu pula dengan pelaku UMKM yang hadir diharapkan akan lebih bijak dan cerdas dalam pengaturan keuangan pribadi maupun usaha,” kata Dian Anggriani.

Baca Juga : Tingkatkan Perlindungan Konsumen, OJK Sulselbar Sudah Edukasi 133.005 Masyarakat Tahun Ini

Acara yang digelar dalam dua hari ini juga mendorong peningkatan inklusi keuangan dengan pembukaan rekening simpanan pelajar dan juga penyaluran Kredit Usaha Rakyat di berbagai sektor.

Edukasi yang berlangsung di Kabupaten Enrekang dihadiri oleh Pj Bupati Kabupaten Enrekang Dr Baba. Edukasi tersebut menyasar kepada pelajar, mahasiswa, dan pelaku UMKM di Rujab Kabupaten Enrekang.

Kegiatan ini dalam rangka perceparan peningkatan Indeks literasi dan inklusi keuangan dengan prinsip yaitu massif, merata, sinergi, terarah, terukur, dan berkelanjutan.

Baca Juga : OJK Edukasi Keuangan 500 UMKM Perempuan di Wash Campaign PNM Makassar

“Sosialisasi yang diadakan hari ini tentu saja merupakan salah satu bentuk kepedulian dan dukungan Pemerintah Kabupaten Enrekang untuk percepatan kenaikan Tingkat literasi khususnya Kabupaten Enrekang,” ucap Baba.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Hukum22 Oktober 2024 22:00
Kakanwil Kemenkumham Ajak Peserta Ujian SKD CPNS Tetap Tenang dan Percaya Diri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman memantau pelaksanaan Seleksi Kompet...
Politik22 Oktober 2024 21:30
Satukan Keluarga, Nurchalis Aziz Targetkan Kembali Menang untuk Danny-Azhar
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Setelah menyisir Luwu, Palopo, Luwu Utara, Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad melanjutkan kampanye dialogisn...
Video22 Oktober 2024 21:30
VIDEO: Prabowo Lantik Raffi Ahmad Sebagai Utusan Khusus Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni
SULSELSATU.com – Presiden Prabowo Subianto melantik Raffi Ahmad menjadi utusan khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni. Pelantikan...
Bisnis22 Oktober 2024 21:00
Solusi Strategis PT Vale Hadapi Tantangan di Industri Pertambangan
PT Vale secara konsisten berusaha untuk meningkatkan kinerja ESG perusahaan melalui perbaikan berkelanjutan....