Komposisi AKD Resmi Ditetapkan, Rudianto Lallo Duduki Komisi III DPR RI

Komposisi AKD Resmi Ditetapkan, Rudianto Lallo Duduki Komisi III DPR RI

SULSELSATU.com, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI resmi menetapkan komposisi alat kelengkapan dewan (AKD) melalui Paripurna ke-V Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025 DPR.

Rapat paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani Digedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2024) kemarin.

Dalam rapat Paripurna tersebut memiliki lima agenda yang penyampaian Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I Tahun 2024. Diantaranya penetapan Jumlah dan Komposisi Keanggotaan Fraksi-Fraksi dan Komisi.

Kesepakatan komposisi hingga mitra komisi pada pimpinan AKD tersebut merupakan hasil rapat konsultasi pimpinan DPR bersama 8 fraksi yang sebelumnya digelar Senin (21/10/2024) yang lalu.

Semua fraksi dalam rapat tersebut menyepakati jumlah dan komposisi keanggotaan Fraksi pada Komisi-Komisi dengan jumlah rata-rata, yaitu 44 dan 45 anggota pada masing-masing Komisi.

Dalam rapat tersebut juga ditampilkan nama-nama anggota fraksi yang ditugaskan untuk duduk di setiap komisi. Salah satunya Komisi III DPR RI, dimana pimpinan DPR RI bersama para Anggota Komisi III DPR RI menyetujui Anggota Fraksi Partai Gerindra Habiburokhman menjadi Ketua Komisi III DPR RI untuk periode 2024-2029.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengungkap Habiburokhman menjadi Pimpinan Komisi III bersama empat orang Wakil Ketua Komisi III DPR RI lainnya. Pada periode sebelumnya, Habiburokhman merupakan Wakil Ketua Komisi III DPR RI.

“Komposisi Pimpinan Komisi III DPR RI yaitu Fraksi Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, NasDem, dan PKB,” kata Dasco dilansir Kilassulawesi.

Adapun Wakil Ketua Komisi III DPR RI yang berjumlah empat orang, yaitu Dede Indra Permana dari Fraksi PDIP, Sari Yuliati dari Fraksi Partai Golkar, Ahmad Sahroni dari Fraksi Partai Nasdem, dan Rano Alfath dari Fraksi PKB.

Sedangkan tercatat ada dua Anggota DPR RI asal Sulsel yang bergabung di Komisi III yakni mantan Ketua DPRD Kota Makassar dari Fraksi NasDem yang juga merupakan owner media online sulselsatu.com, Rudianto Lallo dari Dapil 1 Sulsel, bersama Andi Muzakkir Akil dari Demokrat asal Dapil II Sulsel. Keduanya dipercaya duduk sebagai anggota Komisi III.

Adapun mitra kerja Komisi III DPR RI yakni, Kejaksaan Agung Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi, Sekretariat Jenderal Mahkamah Agung, Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi, Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial, Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPR RI menyetujui komposisi pimpinan komisi yang terdiri dari 20 ketua dan 80 wakil ketua untuk setiap komisi atau Alat Kelengkapan Dewan (AKD), yang terdiri dari 13 komisi dan 7 badan. (Ded/*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Baca Juga