Logo Sulselsatu

Tular Nalar MAFINDO Gandeng MAN 2 Makassar Gelar Sekolah Kebangsaan

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Jumat, 25 Oktober 2024 10:45

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tular Nalar, program dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) yang didukung oleh google.org dan Love Frankie, kembali mengadakan Sekolah Kebangsaan (SK) di Sulsel.

Sekolah Kebangsaan kali ini dilaksanakan oleh MAFINDO Kota Makassar bekerja sama dengan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Makassar dengan menghadirkan peserta sebanyak 100 siswa berstatus pemilih pemula.

Acara ini digelar di Aula MAN 2 Kota Makassar, Kamis (24/10/2024) dengan menurunkan 10 fasilitator yang menjadi teman belajar para peserta dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang Pemilu, demokrasi, dan pengindraan hoaks.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris MAFINDO Makassar Fajrin Baids, Muhajir selaku PIC untuk kegiatan kali ini, dan Hasan Basri, S.Pd.I., M.Pd.I selaku Wakamad Bidang Humas mewakili Kepala MAN 2 Makassar Hj. Darmawati S.Ag., M.Pd untuk sambutan sekaligus membuka kegiatan.

Dalam sambutannya, Fajrin Baids menjelaskan, Sekolah Kebangsaan adalah pelatihan penting untuk meningkatkan ketahanan pemilih pemula dari serangan hoaks. Apalagi saat ini telah memasuki musim Pilkada 2024. Fajrin berharap setelah pelatihan ini, para peserta bisa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang Pemilu, demokrasi, dan pengindraan hoaks sebagai bekal untuk mencegah hoaks.

“Karena kita tahu, hoaks politik selalu menjadi salah satu hoaks paling banyak tersebar di media sosial, khususnya di momen Pemilu dan Pilkada. Hoaks politik menjadi sarana yang efektif untuk memanipulasi opini publik. Harapannya setelah pelatihan ini peserta bisa kebal hoaks melalui edukai pengindraan hoaks,” ujarnya.

Hasan Basri, dalam sambutannya menyatakan rasa syukurnya karena Mafindo menghadirkan program Tular Nalar di MAN 2 Makassar. Sehingga ratusam siswa dapat menerima manfaat dari agenda Sekolah Kebangsaan Tular Nalar.

“Kami tentu sangat mendukung dan memberi support atas kegiatan ini. Kegiatan ini banyak manfaatnya. Apa yang didapatkan di Sekolah Kebangsaan tidak didapatkan di bangku kelas. Yakni bagaimana bijak menghadapi informasi yang dihadapi khususnya informasi terkait politik,” ujarnya.

Hasan Basri menambahkan, peserta yang dihadirkan MAN 2 Makassar untuk mengikuti Sekolah Kebangsaan rata-rata telah berumur 16 tahun hingga 17 tahun. Itu artinya, sebagian dari mereka telah menjadi pemilih pada Pilpres 2024 lalu dan juga sudah siap memilih di Pilkada 2024.

Harapannya, setelah kegiatan ini, para siswa dapat menjadi lebih bijak dalam menanggapi informasi yang beredar dan tak mudah dengan informasi sebelum dicek kebenarannya.

“Kalau ada info yang masuk di handphone kita atau tersebar di medsos kita, sebagai orang muslim kita akan cek kebenarannya. Jangan sampai kita menyebar fitnah. Karena fitnah lebih kejam daripada pembunuhan,” ujarnya.

Muhajir menambahkan, pelatihan ini terdiri dari empat segmen utama: Pemilu (Pilkada Serentak), Demokrasi, Pengindraan Hoaks, dan Waspada Sanksi. Fokus utama pelatihan ini adalah pengindraan hoaks, khususnya terkait dengan Pilkada Serentak yang tahapannya sedang berlangsung.

“Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memperkuat kemampuan individu dalam menghadapi hoaks. Diharapkan, pemilih pemula dapat menjadi lebih kebal terhadap berbagai potensi atau isu yang mungkin disebarkan selama masa Pemilu dan Pilkada Serentak ini,” ujarnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik25 Oktober 2024 14:18
Pasangan INIMI Optimis Unggul di Debat Pilwalkot Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Makassar tengah bersiap untuk menyaksikan debat publik Pilkada yang akan digelar pada Sabtu (26/10/2024) besok. Debat...
Metropolitan25 Oktober 2024 14:06
Makassar Siap Jadi Contoh Ketahanan Perkotaan di Asia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Makassar merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang akan menjadi lokus proyek Asia Resilient City (ARC) dari Badan...
Berita Utama25 Oktober 2024 14:02
Satgas TMMD 122 Kodim 1425 Jeneponto Berikan Penyuluhan Pertanian Warga Desa Tuju
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Satuan tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 Kodim 1425 Jeneponto menggelar kegiatan non fis...
Politik25 Oktober 2024 13:07
Sejalan dengan Prabowo, Hati Damai Dinilai Paling Layak Nahkodai Gowa
SULSELSATU.com, GOWA – Tahapan pencoblosan di Pilkada Gowa 2024 semakin dekat. Karena itu, warga diingatkan untuk tidak salah menentukan pilihan...