Logo Sulselsatu

Pengamat Sebut Serangan Kampanye Negatif Tak Pengaruhi Elektabilitas Andalan Hati

Redaksi
Redaksi

Jumat, 25 Oktober 2024 11:09

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Berbagai serangan kampanye negatif terhadap pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) dinilai tidak berpengaruh sama sekali.

Elektabilitas paslon nomor urut 02 itu tetap tinggi, unggul telak, bahkan sulit terkejar oleh rivalnya paslon nomor urut 01 Moh Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad (DIA), berdasarkan hasil riset Pilgub Sulsel 2024 dari berbagai lembaga survei.

Demikian diungkapkan Pengamat Politik, Asratillah menilai dinamika pilgub yang berlangsung hingga saat ini. Menurutnya terdapat dua faktor utama yang membuat Andalan Hati sulit dikejar DIA, yaitu faktor internal dan eksternal.

Baca Juga : PKB Takalar Optimis Menangkan Danny-Azhar di Pilgub

Faktor internal yang dimaksudnya, mencakup soal rekam jejak personal dari Andi Sudirman dan Fatmawati, serta dukungan kekuatan politik yang dimiliki.

Ia melihat Andi Sudirman yang pernah menjabat sebagai gubernur dengan waktu kurang lebib tiga tahun lamanya sudah cukup membuat dirinya populis, berinteraksi bersama orang banyak, dengan berbagai program maupun kegiatan dikerjakan.

“Artinya dia punya waktu untuk mempopuliskan dirinya. Ini modal politik yang besar Andi Sudirman sebagai kandidat calon gubernur saat ini,” ucapnya, Jumat (25/10/2024).

Baca Juga : Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK

Begitupun dengan rekam jejak Fatmawati, dikatakan Direktur Politik Profetik Institut ini, ia pernah menjabat sebagai wakil walikota Makassar, terus maju di Pileg 2024 dengan suara signifikan. Belum lagi suaminya RMS yang punya kekuatan politik kuat di Sulsel khususnya Dapil 3.

“Artinya ibu fatma dengan keluarganya punya modal politik signifikan, punya kantong suaranya sendiri. Keduanya, wajar kalau sampai hari ini bisa menggaet dukungan elektoral yang jauh lebih signifikan dibandingjan dengan Danny-Azhar,” bebernya.

“Belum lagi dukungan partai politik, hampir semua yang mendukung itu adalah Koalisi KIM yang memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Sedikit bayaknya pasti ini akan memberikan pengaruh terhadap dukungan elektoral keduanya,” tegas dia.

Baca Juga : Kerukunan Keluarga Masyarakat Jawa di Makassar Komitmen Dukung Andalan Hati di Pilgub Sulsel

Sementara untuk faktor eksternal, lanjut Asratillah, dapat dilihat dari prefensi pemilih yang ada di Sulsel. Berdasarkan paparan dari berbagai lembaga survei, disebutkan bahwa kebanyakan masayarakat cenderung lebih memilih calin pemimpin dengan karakter tenang dibandingkan yang agresif.

“Kalau kita bandingkan dengan DIA punya karakter berbeda, satu cool dan satu agresif. Dan pemilih saya lihat, mereka sungkan dengan pemilih agresif, suka menyerang, sebagaimana kita ketahui kalau kemarin itu ada serangan-serangan yang mengarah ke Andalan Hati. Dan itu terkonfirmasi dengan beberapa hasil survei,” tegasnya.

Sementara itu, calon gubernur Andi Sudirman mengapresiasi seluruh tim pemenangannya. Baginya, apa yang telah dicapai Andalan Hati sejauh ini tidak terlepas dari usaha dan kerja keras tim.

Baca Juga : Yakin Perubahan Lebih Baik, Relawan NA Dukung Danny-Azhar

Ia pun berpesan agar seluruh tim pemenangan Andalan Hati menjaga semangatnya, bekerja lebih keras, dan harus tetap rendah hati.

“Kami mengapresiasi seluruh tim Andalan Hati yang telah bekerja dengan sangat baik. Tetap jaga semangat, kerja lebih keras, dan tidak boleh jemawa,” ujar Juru Bicara Andalan Hati, Muhammad Ramli Rahim, menyampaikan pesan Andi Sudirman.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik25 Oktober 2024 14:18
Pasangan INIMI Optimis Unggul di Debat Pilwalkot Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Makassar tengah bersiap untuk menyaksikan debat publik Pilkada yang akan digelar pada Sabtu (26/10/2024) besok. Debat...
Metropolitan25 Oktober 2024 14:06
Makassar Siap Jadi Contoh Ketahanan Perkotaan di Asia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Makassar merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang akan menjadi lokus proyek Asia Resilient City (ARC) dari Badan...
Berita Utama25 Oktober 2024 14:02
Satgas TMMD 122 Kodim 1425 Jeneponto Berikan Penyuluhan Pertanian Warga Desa Tuju
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Satuan tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 Kodim 1425 Jeneponto menggelar kegiatan non fis...
Politik25 Oktober 2024 13:07
Sejalan dengan Prabowo, Hati Damai Dinilai Paling Layak Nahkodai Gowa
SULSELSATU.com, GOWA – Tahapan pencoblosan di Pilkada Gowa 2024 semakin dekat. Karena itu, warga diingatkan untuk tidak salah menentukan pilihan...