Logo Sulselsatu

Program Listrik Gratis Isrullah-Usman Dapat Jempol, Pengamat Sebut Bukti Kepekaan Sosial

Asrul
Asrul

Jumat, 25 Oktober 2024 22:13

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, LUWU TIMUR — Program listrik gratis yang diusung calon Bupati dan calon Wakil Bupati Luwu Timur, Isrullah Achmad-Usman Sadik, dinilai sebagai langkah positif dalam menunjukkan kepedulian sosial terhadap masyarakat kurang mampu dan tempat ibadah.

Pengamat ekonomi dari Universitas Negeri Makassar, Andika Isma, menyatakan bahwa program ini dapat memberikan dampak signifikan terhadap kualitas hidup masyarakat.

“Program ini memiliki niat yang sangat baik karena mengusung kepedulian sosial terhadap masyarakat kurang mampu dan mendukung aktivitas ibadah,” kata Andika Isma dalam keterangannya, Jumat (25/10/2024).

Baca Juga : Pengusaha Muda Lutim Dukung Isrullah-Usman Kuatkan UMKM Lewat Pariwisata di Luwu Timur

Andika menjelaskan, dalam konteks wilayah Luwu Timur, program listrik gratis dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di daerah pedesaan yang selama ini mungkin belum menikmati akses listrik yang memadai.

Menurut Andika, keberhasilan program ini akan sangat bergantung pada kesiapan anggaran, infrastruktur listrik yang ada, serta kapasitas teknis pemerintah daerah dalam menyediakan listrik bagi masyarakat.

“Jika ada infrastruktur yang memadai dan dukungan dari pemerintah daerah, maka program ini bisa menjadi realistis,” imbuhnya.

Baca Juga : Petani Rumput Laut Siap Pasang Badan Beri Dukungan ke Isrullah-Usman di Pilkada Lutim 2024

Andika menyatakan, program listrik gratis bagi masyarakat kurang mampu bisa memberikan efek domino terhadap berbagai aspek kehidupan, seperti pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

“Listrik merupakan kebutuhan dasar yang mempengaruhi banyak hal. Dengan adanya listrik gratis, beban pengeluaran rumah tangga berkurang, sehingga alokasi anggaran keluarga bisa diarahkan ke kebutuhan lain seperti pendidikan dan kesehatan,” jelas Andika.

“Ini juga bisa meningkatkan produktivitas, terutama bagi masyarakat yang menjalankan usaha kecil di rumah,” sambungnya.

Baca Juga : VIDEO: Dapat Nomor Urut 2, Budiman-Akbar Sampaikan Pesan Kedamaian untuk Pilkada Luwu Timur

Namun, ia juga menekankan perlunya kehati-hatian dalam mengelola anggaran agar program ini tidak mengorbankan sektor penting lainnya.

“Program ini memang memerlukan alokasi anggaran yang besar, yang mungkin menekan anggaran untuk sektor lain seperti pendidikan, kesehatan, atau infrastruktur,” terangnya.

Andika menyarankan pemerintah daerah agar cermat dalam merencanakan program ini agar tidak mengurangi alokasi untuk sektor-sektor krusial lainnya yang juga memerlukan perhatian.

Baca Juga : Pasar Murah Isrullah-Usman, Bantu Ringankan Beban Ekonomi Masyarakat Luwu Timur

Dengan adanya program ini, Andika menilai bahwa pasangan Isrullah-Usman menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap kebutuhan masyarakat.

“Jika program ini terlaksana dengan baik, maka dampaknya akan sangat positif bagi masyarakat Luwu Timur,” tutupnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video25 Oktober 2024 23:29
VIDEO: Polrestabes Makassar Ungkap Kasus Curanmor di 24 Lokasi, Amankan Tiga Tersangka
SULSELSATU.com – Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polrestabes Makassar dan jajaran Polsek berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermoto...
OPD25 Oktober 2024 22:51
Fahrizal Husain Hingga Tenri Uji Terpilih Jadi Pimpinan AKD DPRD Makassar, Ini Daftar Lengkapnya
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar periode 2024-2029 sudah secara resmi membentuk Alat Kelengkapan D...
Video25 Oktober 2024 21:35
VIDEO: Klarifikasi Paula terkait Tundingan Selingkuh di Tengah Proses Cerai dengan Baim Wong
SULSELSATU.com – Keluarga Baim Wong dan Paula Verhoeven belakangan ini ramai diperbincangkan di media sosial. Proses perceraiannya dengan Mantan...
Hukum25 Oktober 2024 20:33
Tersangka di Bawaslu, Oknum Kepsek di Makassar Kembali Dilapor ke Polisi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dugaan pelanggaran pemilu yang melibatkan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Makassar kini memasuki tahap serius...