Logo Sulselsatu

Debat Pilgub Sulsel Besok, 7 Panelis Siap Uji Visi Misi Dua Paslon

Asrul
Asrul

Minggu, 27 Oktober 2024 19:33

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Debat perdana Pilgub Sulsel akan digelar besok, Senin (28/10/2024) di Hotel Four Points by Sheraton Makassar pukul 19.00 WITA.

Acara ini diharapkan menjadi ajang pertarungan visi dan misi antara dua pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Mohammad Ramdhan Pomanto – Azhar Arsyad (DiA) dan Andi Sudirman Sulaiman – Fatmawati Rusdi Masse (Andalan Hati), yang siap adu gagasan untuk merebut hati warga Sulsel.

Komisioner KPU Sulsel, Hasruddin Husan, mengonfirmasi bahwa tema debat kali ini adalah “Peningkatan Kesejahteraan dan Pelayanan Publik yang Aksesibel dan Responsif”.

Baca Juga : Tersangka di Bawaslu, Oknum Kepsek di Makassar Kembali Dilapor ke Polisi

Tema ini dipilih untuk menggambarkan prioritas utama kedua paslon dalam meningkatkan kesejahteraan dan memastikan pelayanan publik yang lebih mudah diakses dan tanggap terhadap kebutuhan warga.

Menurut Hasruddin, acara debat ini terbuka untuk berbagai kalangan. Setiap tim paslon diundang untuk membawa 100 orang pendukung.

Baca Juga : Kampanye di Takalar, Azhar Pastikan Legislator PKB Peduli Warganya

“Kami ingin melibatkan banyak elemen masyarakat untuk menciptakan suasana yang inklusif,” ujarnya.

Tak hanya pendukung paslon, sejumlah perwakilan dari Forkompinda, organisasi pemuda, tokoh masyarakat, serta penyelenggara juga diundang sebagai langkah untuk memberikan nuansa debat yang lebih dinamis dan representatif.

Selain itu, KPU Sulsel telah menunjuk tujuh panelis ahli yang akan memberikan masukan dan mengarahkan diskusi dalam debat. Para panelis ini berasal dari berbagai latar belakang, termasuk pemerhati kebijakan publik, dosen, serta aktivis di bidang perempuan dan anak. Mereka diharapkan dapat membantu menggali lebih dalam gagasan-gagasan paslon dan memberi perspektif yang kaya bagi publik.

Baca Juga : Apdesi Sulsel Dukung Program BKK Rp200 Juta Danny-Azhar untuk Desa

Panelis yang akan terlibat antara lain Andi Yudha Yunus, pemerhati kebijakan publik dan aktivis LSM; Adi Suryadi Culla, dosen Ilmu Politik dan Hubungan Internasional Unhas; serta Mohammad Arif, Sekretaris Pusat Kajian Advokasi dan Bantuan Hukum Universitas Muslim Indonesia. Selain itu, hadir juga Muh Iqbal Latief, Kepala Pusat Penelitian Opini Publik LPPM Unhas.

Keterlibatan panelis perempuan seperti aktivis Husaimah Husain menambahkan perspektif berbeda dalam debat ini, terutama untuk isu-isu yang berdampak langsung pada perempuan dan anak. Selain itu, Prof Firdaus Muhammad, Guru Besar Ilmu Komunikasi dan Politik Islam dari UIN Alauddin Makassar, dan Prof Muhlis Madani dari Universitas Muhammadiyah Makassar turut ambil bagian.

Debat ini menjadi kesempatan bagi masyarakat Sulsel untuk mendalami visi kedua paslon dalam menciptakan Sulsel yang lebih sejahtera. Dengan demikian, debat tidak hanya sekadar formalitas, melainkan ajang adu gagasan yang bisa menjadi acuan bagi masyarakat dalam menentukan pilihan.

Baca Juga : Pengamat Sebut Serangan Kampanye Negatif Tak Pengaruhi Elektabilitas Andalan Hati

Diharapkan melalui debat ini, masing-masing paslon dapat menyampaikan solusi konkret untuk berbagai isu utama yang dihadapi masyarakat Sulsel, seperti pelayanan kesehatan, infrastruktur, serta pemberdayaan ekonomi. Selain itu, gagasan mengenai ketahanan sosial, lingkungan, dan pendidikan juga diharapkan muncul dalam diskusi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik27 Oktober 2024 18:34
Mantapkan Sikap Politik, Komunitas Pemuda Gowa Dukung Hati Damai
SULSELSATU.com, GOWA – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Gowa, Husniah Talenrang dan Darmawangsyah Muin (Hati Damai) kembali mendapat sorak sor...
Politik27 Oktober 2024 17:13
Pasca Debat, Amri Arsyid Kampanye Bantuan Modal Usaha 10 Juta di Sudiang
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Calon Wali Kota Makassar nomor urut empat, Amri Arsyid menyapa warga di Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Mi...
Lifestyle27 Oktober 2024 16:31
50 Peserta Beruntung Belajar Makeup dari MUA Ayu Anjuni di Beauty Class CitraCosmetic x Skintific
SULSELSATU.com, MAKASSAR – CitraCosmetic dan Skintific sukses menggelar beauty class bertajuk “Achieve Your Perfect Look” pada Sabtu (26/10/...
Politik27 Oktober 2024 16:13
Puang Solong Tak Kunjung Dilantik sebagai Pimpinan DPRD Maros, Taufan Pawe Abaikan Putusan DPP Golkar?
SULSELSATU.com, MAROS – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Sulsel, hingga saat ini belum menindaklanjuti penunjukan pimpinan DPRD Maros. Abdul R...